Senin, 18 Juli 2016

New SantaFe Review (versi Indonesia)



Hello kawan semuanya,

            Berikut ini saya akan memulai dengan review mengenai Hyundai SantaFe. Review ini diambil dari berbagai sumber yang akan disertakan di akhir.

Ksatria besar tak terkalahkah layak disematkan untuk New Hyundai SantaFe. Jawara SUV ini berhasil bertahan meski di tengah gempuran deras para competitor yang unggul di bidang penjualan, tapi penilaian menyeluruh tetap menempatkan New SantaFe sebagai pemenang berkat desain maksimal, performa mumpuni, fitur lengkap dan tentu saja value for money yang signifikan.

Bicara varian, New Hyundai SantaFe memiliki 2 model, yaitu bensin A/T 2.400 cc, diesel 2.200 cc CRDi A/T. Yang juara memang versi diesel mobil ini. Meski berkapasitas 2.199 cc 4-silinder sudah dilengkapi turbocharger. Ditunjang perangkat Variable Geometri Turbo (VGT), New SantaFe CRDi mampu menghasilkan tenaga 197 dk dan torsi maksimum 445 Nm. Dikombinasi transmisi otomatis 6-speed dengan pilihan perpindahan manual, pengendara akan dimanja kesigapan mobil menyalurkan tenaga ke roda depan. Handling mobil bongsor ini juga terbilang mudah dan menyenangkan.

1)      Eksterior



hyundaibali
New SantaFe 2016-Bali
Desain eksterior Santa Fe yang disebut Hyundai menganut gaya desain Fluidic Sculpture. Tekukan garisnya futuristik. Seperti terlihat pada bentuk gril dan lampu depan xenon dengan proyektor. Desain bumper baru yang membuat foglamp kanan-kiri terkesan menyatu oleh sebuah garis hitam di tengah yang tipis. New SantaFe 2016 sudah punya cornering light yang bakal menerangi sisi kiri atau kanan mobil tergantung ke arah mana setir dibelokkan, seperti pada Nissan Teana 230JS V6. Selain itu, di bumper depan juga ada 4 titik sensor parkir yang bisa dimatikan jika anda merasa bunyinya mengganggu di kabin. Gril hexagonalnya kini punya bilah krom dengan desain berefek 3 dimensi, tapi jumlah chrome-nya pas, tidak overchrome seperti kompetitornya. Tata letak bagian dalam headlamp-nya juga diatur ulang, meski soal fitur lampu depan bisa dikatakan bagus karena memiliki lampu HID, DRL LED dan cornering light.

New SantaFe 2016-Bali


Dari sisi samping, mobil ini memiliki velg ring 19 dengan ukuran ban 235/55, setara Mazda CX-5 GT. Ban menggunakan merek satu negaranya, yakni Nexen. Jika anda melihat ke atap, terlihat roof rail dan panoramic sunroof. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan New SantaFe dibanding rival-rivalnya. Para rival tersebut hanya memiliki sunroof biasa. Apa bedanya panoramic sunroof dengan sunroof biasa? Jika sunroof biasa, anda hanya dapat membuka atap atas dengan lebar sekitar 90x30cm yang memungkinkan udara luar masuk. Sedangkan panoramic sunroof memungkinkan anda melihat pemandangan langit dengan atap kaca yang bisa disetel buka tutup, sehingga lebih bisa menikmati pemandangan.
New SantaFe 2016-Bali
New SantaFe 2016-Bali


2)      Interior
Aroma fluidic sclupture ala Hyundai tetap menyapa saat pertama kali membuka pintunya. Akhirnya bisa menemui material mahal dan berkualitas yang menyusun dashboard dan doortrim-nya. Semuanya soft touch, terasa seperti mobil-mobil mahal (dan memang Hyundai SantaFe harganya mahal).


New SantaFe 2016-Bali
Jangan sangka kalau jatah bahan berkualitas itu hanya milik penumpang depan, karena penumpang belakang turut mendapatkan doortrim dengan bahan yang sama. Masih ada sih bahan plastik, tapi ditempatkan di sektor yang jarang dilihat dan diakses oleh kita. Duduk di jok pengemudi kini lebih enak, karena bisa diatur secara elektrik berikut lumbar support-nya. Tombol-tombol di setir bisa untuk mengatur audio, cruise control dan MID. Yang baru di SantaFe ini adalah driving mode selector yang bisa dipilih antara mode Eco, dan Sport. AC-nya sudah dual zone climate control dengan layar digital, pastinya.

    
New SantaFe 2016-Bali
3)      Mesin
Bicara tentang sektor mesin, ketika kap mesin SantaFe dibuka, terlihat sudah memakai hidrolik, membuat kompetitornya yang masih mengandalkan tongkat Mak Lampir untuk menyangga kap mesinnya terasa kurang mahal. Di sinilah kita bisa menemukan mesin diesel CRDi 2.200 cc 4 silinder dengan Variable Geometry Turbo alias VGT yang sudah direvisi untuk versi facelift.


New SantaFe 2016-Bali
Di atas kertas, tenaga dan torsinya begitu menggiurkan karena bisa mencapai 197 dk dan 445 Nm. SantaFe hanya punya transmisi 6 percepatan dan dia tidak dilengkapi dengan stability control serta traction control, jadi bijak-bijaklah mengendalikan 197 dk dan 445 Nm yang disalurkan mesin ke roda depan.



Disadur dari berbagai sumber:



Koran otomotif
Edisi 41: XXV 18-24 Februari 2016












































2 komentar:

  1. Nice & very helpful. Sangat membantu nih review nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung.. silakan hubungi saya jika ingin konsultasi lebih lanjut :)

      Hapus